TNI

TNI
TNI

29.11.10

Gunakan Kartu Kredit Dengan Bijak.


Selembar kartu plastik ini sepertinya sudah bukan lagi menjadi barang mewah yang susah didapat. Tidak seperti dulu untuk mendapatkan kartu ini harus lolos dari berbagai persyaratan sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memiliki. Namun sekarang banyak bank penerbit kartu ini sudah mempermudah persyaratannya sehingga memungkinkan lebih banyak orang dapat memilikinya, termasuk anda.


Memang nyaman memiliki Kartu Kredit, kapan saja Anda perlu belanja tinggal gesek saja. Juga meringankan karena Anda tidak perlu membawa segepok uang atau cek saat belanaj dalam jumlah besar. Namun, Anda perlu hati-hati karena kartu kredit itu seumpama pedang bermata dua. Jika digunakan secara disiplin dan bijaksana, akan banyak manfaatnya. Tapi bisa menimbulkan bencana keuangan yang besar bila penggunaannya tidak terkontrol. Bahkan bisa saja Anda akan terjerat hutang selama bertahun-tahun. Nah, berikut beberapa tips menggunakan kartu kredit secara bijak.

Pilih Bank yang handal.
Bila Anda belum memiliki kartu kredit, carilah bank yang memang sudah terbukti bagus dan handal dalam melayani kartu kredit.

Cukup Satu Kartu.
Jangan pernah berpikir bahwa punya kartu kredit lebih dari satu itu menguntungkan. Karena sebenarnya kebutuhan Anda bisa ditangani oleh satu kartu saja dan pilih kartu yang bunganya paling rendah.

Jangan Hanya Bayar Minimum Payment.
Ini penting, karena bila Anda hanya bayar minimum payment-nya maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk melunasi saldo hutang. Dengan asumsi minimum pembayaran 10% dari saldo hutang, berarti sebenarnya Anda hanya mencicil 6,5% dari hutang pokok karena yang 3,5% membayar bunga tiap bulannya. Karena itu bayarlah lebih dari minimumnya agar tidak terjebak dalam kondisi bunga tiap bulannya.

Grace Period.
Jangan menjadikan kartu kredit sebagai alat untuk berhutang, tetapi gunakan sebagai alat pembayaran tanpa uang tunai. Jadi, idealnya bayarlah tagihan Anda setiap bulan setelah berbelanja. Anda akan terbebas dari biaya bunga bila membayar masih dalam grace period (yaitu periode antara penggunaan kartu kredit dengan jatuh tempo tagihan, biasanya antara 25-30 hari). Dan bayar langsung lunas, jangan meninggalkan saldo hutang.

Jangan Pernah Terlambat Membayar Tagihan, karena dendanya lumayan besar.
Tak Perlu Dibawa Tiap Hari.  Bawalah kartu kredit hanya jika Anda telah berencana untuk berbelanja atau bertansaksi. Tak perlu dibawa setiap hari, untuk mengurangi resiko belanja yang tanpa perencanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar